21 December 2021 Artikel

Aice Hadirkan Es Krim Mochi Klepon, Bentuk Inovasi Warisan Kuliner Indonesia

Bagikan

Produsen es krim Aice, yakni Aice Group meluncurkan es krim Aice Mochi Klepon. Hadirnya produk es krim Aice Mochi Klepon juga sebagai bentuk kerja sama antara Aice Group dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam program pelestarian kuliner asli Indonesia.

 

Mereka mengkolaborasikan Co-Branding Wonderful Indonesia dengan inovasi warisan kuliner Indonesia yang muncul dalam es krim Aice Mochi Klepon.

 

Selain itu, produk-produk Aice juga akan diekspor keluar negeri yang akan mempromosikan kuliner serta budaya tradisional Indonesia di luar negeri.

 

“Kami mendedikasikan Aice Mochi Klepon ini untuk penguatan citra kuliner asli Indonesia dan menjadi dukungan Aice ke Wonderful Indonesia. Produk Aice Mochi Klepon ini juga kami ekspor ke beberapa negara di Asia Tenggara,” jelas Juru Bicara sekaligus Brand Manager Aice Group Sylvana Zhong, saat konferensi pers virtual, Rabu (15/12/2021).

 

Lebih lanjut Sylvana menjelaskan, meski produk ini adalah es krim, namun basis produksi Mochi Klepon yang menggunakan teknologi tinggi mampu menghadirkan aroma, rasa serta tekstur yang sangat mirip dengan kue Klepon asli.

 

“Kulit mochi yang kenyal dan aroma pandan yang mirip aslinya tersebut dihasilkan oleh inovasi produksi es krim yang canggih. Adonan kulit Mochi dibuat dengan proses produksi ditumbuk puluhan ribu kali untuk mendapatkan kulit mochi dengan tekstur dan kekenyalan yang sempurna,” ujar Sylvana Zhong.

 

Di dalam es krim Aice Mochi Klepon juga terdapat lelehan gula aren yang dibungkus kulit mochi rasa pandan yang kenyal serta bertabur kelapa ini.

 

Aice Mochi Klepon ini diklaim menjadi pionir di beberapa aspeknya. Es krim ini menjadi yang pertama di Indonesia untuk kategori es krim maupun mochi yang bercita rasa Klepon.

 

Mochi Klepon menjadi gabungan dari kelezatan kue klepon dengan dengan es krim mochi yang sangat populer bagi penyuka es krim saat ini.

 

“Saya dan juga semua anak bangsa tentu sudah tahu tentang kelezatan kue klepon. Kami berharap Aice Mochi Klepon ini akan menjadi pilihan utama penyuka es krim untuk cita rasa dan kelezatan yang asli Indonesia,” jelas Sylvana.

 

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nia Niscaya menjelaskan, bahwa penguatan promosi kuliner asli Indonesia dapat mendorong pengembangan industri kreatif sekaligus dapat melengkapi promosi destinasi pariwisata Indonesia.

 

Menurutnya, kuliner asli yang dijaga dan dikembangkan oleh masyarakat akan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan baik domestik, maupun mancanegara.

 

Terlebih lagi bagi pariwisata Indonesia yang banyak menjual daya tarik budaya dan tradisinya. Hal ini sangat sejalan dengan langkah promosi wisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, melalui brand Wonderful Indonesia.

 

“Kekuatan kuliner kita adalah salah satu aspek penting dalam sektor ekonomi kreatif Indonesia dan penguatan citra Wonderful Indonesia. Kami mengapresiasi Aice yang mendukung promosi kuliner asli Indonesia melalui kreasi jajanan tradisional Klepon dengan Ice Cream Mochi, menjadi produk Aice Mochi Klepon,” ungkap Nia.

 

Dalam peluncuran ini, Aice mengumumkan bahwa Aice Mochi Klepon sudah dapat dinikmati konsumen dalam beberapa hari ini.

 

Produsen es krim yang memiliki pabrik di Jawa Barat, Jawa Timur dan Sumatera ini, sedang memasok produk baru ini melalui ratusan ribu jaringan warung dan ritel modernnya.

 

Es krim Aice Mochi Klepon ini dijual seharga Rp 3.000.

 

Sumber: Warta Kota


Berita Lainnya